Desember 14, 2014 | PT Jasindo

Pendidikan dan Latihan Satuan Pengamanan

Pelatihan Satpam merupakan rangkaian proses pembentukan untuk mendapatkan keahlian, pengetahuan tentang tugas & peraturan, serta pembentukan sikap seorang tenaga satpam, guna meningkatkan performa serta kinerjanya. Jasa Pengamanan Satpam juga memperhatikan jenjang kualifikasi jabatan sesuai masa kerja juga lokasi tugas seorang tenaga keamanan. Prinsip dari proses pelatihan ini adalah bagaimana seorang tenaga satpam mampu memikul tanggung jawab sesuai tingkatan serta kemampuannya.

Pelatihan Satpam sudah seharusnya memiliki rencana yang lebih terarah pada peningkatan kemampuan ataupun keahlian SDM organisasi perusahaan, seperti yang telah disampaikan diatas, Sasaran yang ingin dicapai dalam suatu pelatihan tenaga satpam adalah peningkatan kinerja layanan jasa keamanan. Artinya Setelah Proses Pelatihan diharapkan Perusahaan satpam mampu memperbaiki layanan keamanan atau security service kepada pengguna jasa keamanan. Dimana penguasaan berbagai ketrampilan serta teknik pelaksanaan kerja satpam menjadi lebih baik. Dengan kualitas security yang baik pada akhirnya memudahkan perusahaan mengatur serta mengelola jasa keamanan dengan lebih professional.

Sebagai Perusahaan Satpam PT. Jasindo menyediakan Jasa Pengamanan Satpam yang profesional dan dapat di andalkan. Personil Satpam atau Security yang kami tugaskan adalah anggota Satuan Pengamanan yang telah dibekali dengan kemampuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan tugas – tugas pengamanan di lapangan. Sehingga mereka mampu menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/ tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

Bagi anggota satpam yang belum pernah mengikuti pendidikan maupun pelatihan mungkin akan mengalami kesulitan melakukan tugas dan fungsinya. Untuk menjadi seorang satpam hal yang pertama yang harus di lakukan adalah mengikuti pelatihan satpam. Dengan mengikuti pelatihan, satpam akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang memadai serta mendukung kerja sebagai petugas satpam.

Dalam pelatihan satpam, ada beberapa jenis pelatihan satpam sesuai dengan peraturan Kapolri nomor 24 tahun 2007, jenis pelatihan satpam tersebut diantaranya adalah Pelatihan Gada Pratama.

Pelatihan gada pratama adalah pelatihan dasar Satpam bagi anggota/calon anggota Satpam yang belum pernah mengikuti pelatihan di bidang Satpam. Jika baru pertama kali ingin menjadi satpam maka harus mengikuti pelatihan gada pratama sebelum mengikuti jenjang pelatihan satpam selanjutnya.

Salah satu cara agar mendapatkan sertifikat satpam dan menjadi satpam yang profesional adalah dengan mengikuti pelatihan satpam. Terkait dengan pelatihan satpam, sebenarnya sudah ada aturan yang mengatur mengenai hal tersebut yaitu Peraturan Kapolri No 8 Tahun 2006 tentang Pelatihan dan Kurikulum Satpam. Sesuai dengan Peraturan Kapolri tersebut,